Sabtu, 13 Agustus 2011

Mana yang lebih utama : sholat berjama’ah atau sholat tepat waktu




BismiLlaahirrahmaanirrahiim,
Assalaamu’alaikum warohmatuLlahi wabarokaatuh
Ustadz, manakah yang lebih utama, sholat berjama’ah atau sholat tepat waktu?
Misalnya pada kasus, istri yang menunggu suami dari kantor untuk bisa sholat berjama’ah. Satu sisi, ingin sholat berjama’ah bersama suami. sisi lain, artinya sholatnya tidak tepat waktu karena suami tiba tidak pas segera setelah adzan.
Syukron atas jawaban ustadz
Wassalam
Bintu
Assalamu alaikum wr.wb.
Jika yang dimaksud adalah menunda shalat sampai ke akhir waktu dengan maksud ingin bisa berjamaah, maka para ulama berbeda pendapat mengenai mana yang lebih utama di antara keduanya.
Sebagian berpendapat bahwa shalat di awal waktu sendirian lebih utama. Ini seperti yang dikatakan oleh Imam Malik terkait dengan shalat subuh. Adapun yang lain berpendapat bahwa mengkahirkan waktu shalat demi mendapat jamaah lebih baik.
Hanya saja menurut al-Imam an-Nawawi, sebagaimana tuntunan Nabi saw hendaknya ia melaksanakan shalat dua kali. Yaitu pertama kali di awal waktu agar mendapatkan keutamaan shalat di awak waktu, dan yang kedua di akhir waktu agar mendapat keutamaan berjamaah. Dalilnya adalah bahwa suatu ketika Nabi saw berkata kepada Abu Dzarr ra, “Apa yang kamu lakukan jika berada di tengah-tengah kaum yang menunda shalat dari waktunya?” “Apa yang harus kulakukan?” Abu Dzarr balik bertanya. Nabi saw menjawab, “Shalatlah pada waktunya kemudian pergilah untuk memenuhi kebutuhanmu. Jika iqamat sudah dilakukan, sementara engkau masih berada di masjid, shalatlah (lagi)!” (HR Muslim)
Namun jika hanya ingin melakukan satu shalat saja, maka jika ia yakin bisa melakukan secara berjamaah meski di akhir waktu maka menurut al-Imam an-Nawawi melakukan secara berjamaah lebih baik.
Wallahu a’lam bish-shawab.
Wassalamu alaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar